Thursday 6 February 2014

Denah Rumah

Pengertian Umum Tentang Denah Rumah.


Denah rumah adalah bagian paling dasar yang harus kita rencanakan saat akan membangun sebuah rumah. Denah sangat penting karena didalamnya terdiri dari susunan ruang yang akan kita buat berdasarkan kebutuhan ,misalnya mulai dari ruang tamu,ruang keluarga, ruang makan, kamar tidur, toilet,dapur dan ruang lain yang kita anggap perlu dan sesuai dengan kebutuhan anggota keluarga kita.

Hal-Hal Yang Perlu di Perhatikan Dalam Perencanaan Denah Rumah


Perencanaan sebuah denah sangat penting dan harus memperhatikan beberapa hal berikut ini :
  1. Luas tanah, pastikan terlebih  dahulu panjang dan lebar tanah, hal ini perlu karena dalam menyusun denah bangunan harus memperhatikan Garis Sepadan Bangunan { GSB ) yaitu sisa tanah dibagian depan rumah yang tidak boleh didirikan bangunan permanen, GSB bisa dimanfaatkan untuk taman,carport dan teras rumah. Cara menghitung GSB adalah setengah lebar jalan plus 1 meter ( 0,5 x lebar jalan + 1 meter ), contoh : lebar jalan 8 meter, maka GSB adalah ( 0,5 x 8m ) + 1 = 5 meter, ini patokan minimal jika panjang tanah yang dimiliki cukup panjang sebaiknya dilebihkan untuk pemanfaatan hal-hal lainnya dikemudian hari. 
    Garis Sepadan Bangunan
  2. Kebutuhan ruang, rencanakan terlebih dahulu kebutuhan ruang yang kita butuhkan, misalnya ruang-ruang apa saja yang di butuhkan keluarga kita, ini berdasarkan jumlah anggota keluarga, misal: kebutuhan kamar tidur,ruang keluarga dan ruang sholat dll.
  3. Besaran ruang, ini dapat ditentukan berdasarkan pertimbangan siapa yang akan menggunakan ruangan tersebut,misalkan untuk menetukan besaran sebuah kamar tidur harus diperhatikan ruangan tersebut diperuntukan untuk siapa, Untuk berapa orang, apa saja kira-kira purnitur atau perlengkapan yang akan dimasukkan didalam ruangan tersebut, dengan pertimbangan tersebut maka kita dapat menetukan besaran ruang yang kita butuhkan.
Setelah anda mengetahui hal-hal tersebut  maka anda sudah dapat  menentukan gambar denah yang anda butuhkan untuk perencanaan rumah yang akan dibangun.

Saran Dalam Mendisain Denah Rumah


Yang perlu diperhatikan juga dalam merencanakan sebuah denah rumah adalah sesuaikanlah kebutuhan ruang yang akan anda bangun dengan luas tanah yang anda miliki,jika luas tanah yang anda miliki tidak terlalu luas maka jangan membuat terlalu banyak ruang, hal ini akan menghasilan ruangan-ruangan dengan luas yg kurang untuk kebutuhan aktifitas anda didalamnya. Ingat ruangan yang terlalu sempit akan sangat membatasi ruang gerak dan aktifitas anda didalamnya.

Berikut kami sertakan contoh beberapa desain denah untuk rumah sederhana:








Demikian beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam mendesain sebuah denah rumah,semoga bermanfaat, untuk artikel lainnya di blog ini juga masih membahas seputaran cara desain rumah yang akan memandu anda ,silahkan kunjungi artikel lainnya.