Wednesday 5 February 2014

Desain Rumah Minimalis


Paham Mengenai Rumah Minimalis.

Rumah adalah salah satu bentuk  bangunan yang memiliki ruang untuk dijadikan tempat tinggal atau hunian oleh manusia selama jangka waktu tertentu. Dewasa ini sedang trend rumah minimalis, untuk itu perlu adanya pemahaman mengenai istilah dan bentuk fisik dari bangunan rumah minimalis tersebut.

Desain Rumah Minimalis adalah desain rumah tinggal dengan gaya arsitektur yang sederhana, pengertian sederhana disini adalah  tidak berlebihan baik dalam struktur, bentuk, ruang, eksterior, interiornya dan warna.
Jadi gaya arsitektur minimalis adalah gaya arsitektur  yang  menampilkan elemen seperlunya saja, sesederhana mungkin namun tetap akan mampu menampilkan kesan elegan dan mewah.



Ciri-ciri Bangunan Rumah Minimalis
Berikut akan kami jabarkan sedikit mengenai ciri-ciri sebuah bangunan rumah minimalis, apa saja yang menonjol pada sebuah bangunan minimalis:

  1. bentuk yang ditonjolkan dalam sebuah struktur bangunan minimalis  adalah garis-garis  vertikal dan   horizontal dengan garis geometris yg tegas ( hampir tidak terlihat adanya garis lengkung seperti yang ada pada desain bangunan klasik dan kolonial )
  2. memiliki bukaan yang lebih lebar dan luas baik pada pintu,jendela ataupun ventilasinya ,sehingga pemanfaatan view ke ruang luar lebih luas dan pemanfaatan cahaya alami dapat lebih optimal,selain itu sirkulasi udara dari luar maupun dari dalam rumah akan lebih lancar.
  3. memiliki atap dengan kemiringan yang cenderung lebih datar terkadang menggunakan atap dak beton yg sangat datar.
  4. mengurangi bentuk lekungan-lekungan spt pada umumnya desain rumah klasik.
  5. pada desain eksterior dan interiornya hampir tidak ada ukiran, pahatan ataupun relief-relief  yg ditonjolkan baik di dinding maupun di struktur tiang dan lisplang.


Kelebihan dan Keuntungan Bangunan Minimalis. 
Secara umum untuk besarnya biaya pembangunan sebuah rumah akan sangat relatif tergantung dari kemampuan finansial seseorang, namun berikut ini adalah beberapa keuntungan jika kita memilih membangun sebuah rumah dengan desain minimalis antara lain:
  1. lebih mudah dalam hal perawatan,pengecatan dan kebersihan,hal ini dikarenakan struktur dinding yang cenderung datar tanpa relief dan ornamen-ornamen ukiran sehingga akan jauh lebih mudah dalam pemeliharaan bangunan.
  2. lebih mudah dalam proses pengerjaan bangunan,
  3. lebih murah biaya pengerjaan struktur bangunan, biaya upah pengerjaan sebuah struksi akan semakin mahal jika dalam struktur tersebut memiliki banyak garis lengkung.
  4. efisiensi waktu dalam proses pengerjaan.
  5. lebih hemat dalam penggunaan material bangunan berarti lebih banyak biaya yang bisa dihemat. 
  6.  
Poin-poin diatas bersifat relatif, jika anda benar-benar membangun sebuah rumah sederhana dengan disain minimalis maka poin-poin tersebut akan berlaku,namun jika anda akan membangun sebuah rumah dengan desain minimalis namun dengan banyak ornamen minimalis dan material pilihan,maka waktu dan biayanya juga akan semakin besar.
Semoga artikel ini bermanfaat , bisa jadi panduan untuk menentukan pilihan dalam menentukan desain bangunan rumah anda. Untuk mulai merencanakan bangunan anda mulai dari rencana denah rumah.