Sunday 9 February 2014

Tips Menentukan Pilihan Saat Membeli Rumah

Setiap orang pasti selalu memimpikan untuk segera memiliki rumah sendiri, rumah merupakan aset yang sangat berharga dan bermanfaat. Bukan hanya orang yang belum memiliki rumah saja yang memimpikan untuk segera memilikinya akan tetapi sebagian besar orang yang sudah memilikinya juga akan selalu berpikir bagaimana cara agar menambah asset yang satu ini. Selain sebagai kebutuhan pokok rumah juga menjadi symbol status ekonomi dan symbol kesuksesan seseorang.

Membeli rumah tentunya membutuhkan  biaya yang tidak sedikit, sebagian besar dari kita bahkan memerlukan waktu selama bertahun-tahun menabung untuk dapat membeli rumah.
Kini jika kemampuan beli kita sudah ada maka yang paling utama harus anda fikirkan sebelum memutuskan untuk membelinya adalah kepentingan keluarga, karena rumah akan kita tempati bersama keluarga dalam jangka waktu yang lama, untuk itu mintalah pendapat dan kesepakatan dengan anggota keluarga, istri,suami dan anak-anak sebelum memutuskan untuk membelinya.

Berikut beberapa tips sebelum membeli rumah untuk tempat tinggal keluarga Anda berikut ini:
 
Lokasi rumah
Memilih lokasi bukanlah hal sepele ini sangat penting , ada banyak hal yang mungkin Anda
sendiri tidak menyadari arti pentingnya, pilihlah sebisa mungkin rumah yang dekat dengan jalan besar agar mudah akses keluar, akses dari dan ke rumah anda akan sangat penting bagi kelangsungan ekonomi, semakin sulit atau jauh akses menuju kerumah tersebut maka akan semakin besar biaya transportasi harian yang akan di keluarkan, tentunya ini akan memberatkan ekonomi keluarga. Tidak masalah jika masuk ke jalan kecil yang penting masih dekat dengan jalan besar. Pilihlah lokasi yang sedekat mungkin dengan  tempat-tempat penting seperti  sekolah anak, kantor / tempat kerja anda, warung makan, swalayan, rumah sakit dll. Jangan dulu beranggapan harganya pasti mahal, bila Anda jeli memilih dan bersabar, pasti akan menemukan rumah yang murah tapi juga mudah akses ke segala kebutuhan diatas.
 

Sumber Air
Ini sangat penting, jangan remehkan sumber air, pastikan rumah yang akan dibeli memiliki sumber air bersih yang baik dan memenuhi standard kesehatan, bukan hanya untuk kebutuhan minum saja tetapi juga untuk kebutuhan mandi dan mencuci.
Jika sumber air bermasalah maka anda harus merogoh tabungan lagi untuk mendapatkan sumber air bersihnya.

Sanitasi
Saat membeli rumah baik rumah baru maupun second, baik rumah biasa maupun komplek perumahan, jangan abaikan yang satu ini, sanitasi. 
Sanitasi memegang peranan penting pada bangunan rumah, silahkan anda bayangkan dan pikirkan setiap harinya Anda pasti tidak bisa lepas dari ketergantungan dengan fasilitas sanitasi ini. 


Jika sumber air bersih rumah tersebut berasal dari sumur maka penting untuk memperhatikan jarak antara sumur dan septitank, bagaimana septictank yang ideal menurut kesehatan, kemana air bekas mandi dan cuci-cuci dialirkan, apakah air hujan dari atap dialirkan dengan benar ke tempat yang seharusnya atau malah menyebabkan masalah bagi rumah. Silahkan mencari info sebanyak mungkin akan  hal-hal tersebut, untuk menilai bagaimana seharusnya rumah yang akan dibeli nantinya.

Demikianlah tips membeli rumah untuk tempat tinggal keluarga. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk tetap semangat untuk mendapatkan sebuah rumah idaman anda.