Thursday 6 February 2014

Merencanakan Denah Rumah Minimalis



Kalau pada postingan sebelumnya sudah dibahas tentang denah rumah maka untuk postingan ini kami akan melanjutkan pembahasan juga tentang denah rumah, yaitu denah rumah minimalis.



Sebagaimana kita ketahui bersama saat ini sedang trend sekali gaya arsitektur bangunan minimalis, mengapa minimalis bisa menjadi trend?? Tidak lain adalah dikarenakan estetika yang dihasilkan
meskipun sangat sederhana namun sangat dekat sekali dengan kesempurnaan estetika atau meski minimalis namun sangat elegan.

Kembali kami ingatkan ,elemen apa sajakah yang perlu diperhatikan dalam merencanakan sebuah denah rumah, diantaranya adalah :

  1. Kebutuhan ruang, anda harus sudah memikirkan dan merencanakan dari awal ruang-ruang  apa saja yang dibutuhkan dalam keluarga anda, misal : kebutuhan kamar tidur untuk berapa orang.
  2. Aktifitas, data derlebih dahulu apa saja yang akan anda atau keluarga anda lakukan didalam ruangan tersebut.
  3. Isi atau furniture/perabotan apa saja yang akan dimasukkan kedalam ruangan tersebut.

Keempat hal tersebut berkaitan dengan penyediaan kebutuhan ruang dalam, sedangkan factor lainnya adalah ketersediaan luas lahan yang ada. Usahakan untuk tidak membangun semua luas lahan yang tersedia, tetapi sisakan juga lahan kosong untuk rencana pengembangan dimasa mendatang dan untuk kebutuhan ruang terbuka landscape.


Pilihan Denah  Rumah Minimalis


Denah rumah minimalis adalah denah rumah yang sangat simple, sederhana  dan eksotis. Hanya menampilkan bentuk dengan bidang horinzontal dan vertikal saja, atau bidang-bidang kotak yang tersusun,  Susunan ruang juga sangat sederhana,akses dari satu ruang ke ruang lainnya biasanya lebih tegas dan mudah untuk diakses.

Seperti contoh gambar denah disamping adalah denah rumah sederhana yang berkiblat pada desain minimalis, dapat dilihat susunan ruang yang terbentuk  cukup minimalis, akses antar ruang tidak rumit, adanya penggabungan beberapa fungsi menjadi satu ruang seperti ruang keluarga dengan ruang tamu atau ruang keluarga dengan ruang makan , biasanya penggabungan fungsi ruang pada desain minimalis hanya dibatasi oleh penempatan furnitur sebagai pembeda fungsi atau dapat juga pembeda fungsi antara dua ruang dengan meninggikan atau merendahkan tinggi lantai.


Jika anda sudah sepakat untuk menentukan pilihan pada desain minimalis,berikut akan kami berikan contoh-contoh gambar denah rumah minimalis.









Denah Rumah Minimalis 2 Lantai