Sunday 9 February 2014

Tips Membangun Rumah Sendiri Dengan Biaya Lebih Murah Bagian 1


Memang benar membangun rumah tidak semudah membalikkan telapak tangan, sudah pasti butuh perencanaan dan biaya yang matang dan detail.
Artikel kali ini mengambil tema bagaimana cara membangun rumah sendiri. Setiap orang pasti berpikir bagaimana cara membangun rumah sendiri agar biayanya dapat dipangkas menjadi lebih murah sesuai dengan dana yang dicadangkan.
Bila Anda berniat untuk membangun rumah, merenovasi rumah, atau membeli rumah yang sudah jadi atau mungkin memesan rumah yang akan dibangun, sebaiknya Anda harus  mengenal tentang bangunan, proses cara membangun rumah, dan bahan bangunan itu sendiri agar Anda dapat lebih rinci dan jeli untuk menilai kwalitas bangunan yang akan dibangun nantinya. Jika sedikit banyak sudah mengetahui dan menilai harga suatu bangunan rumah apakah mahal atau murah berdasarkan kualitas bangunannya. Maka Anda akan mampu untuk memiliki dan membangun rumah dengan biaya yang relatif murah dan kualitasnya pun terjamin.

Berikut ini akan kami jabarkan beberapa bagian dari bangunan yang harus anda ketahui :

Pondasi bangunan rumah

Pondasi merupakan bagian yang sangat penting , ini adalah dasar dari sebuah bangunan, pondasi menentukan kekuatan tapak rumah terhadap tanah, bagian  fisik pertama yang harus dibuat sebelum membangun rumah bagian atasnya adalah pondasi, Untuk sebuah bangunan ada berbagai macam pondasi yang digunakan sesuai kebutuhannya, diantaranya yang sering digunakan untuk rumah adalah :

Pondasi Tapak


Pondasi tapak atau sering disebut orang awam sebagai pondasi cakar ayam yang biasanya digunakan untuk bangunan rumah tingkat lebih dari satu lantai.





Yang kedua adalah pondasi jalur atau memanjang yang biasa digunakan untuk rumah yang terdiri dari satu lantai. Pondai jalur biasanya menggunakan batu kali yang disusun dan disatukan dengan adonan semen pasir dengan kedalaman 40 cm dan menjorok ke atas tanah sekitar 40 cm juga. Batu yang digunakan yang bagus
Pondasi Jalur Batu Kali
adalah batu kali, batu kali yang digunakan berukuran sedang.. Dibeberapa daerah juga dijumpai pondasi ini menggunakan batu putih atau batu gunung biasa yang kekuatannya lebih rendah, dan di beberapa daerah lainnya juga menggunakan menggunakan susunan bata sebagai pengganti batu, bahkan ada juga yang menggunakan batako sebagai pondasi. Hal ini tergantung ketersediaan bahan di daerah tersebut. Namun yang kami sarankan adalah yan g menggunakan batu kali karena yang paling kuat dibanding yang lainnya. Jika Anda ingin menghemat biaya, batu putih menjadi alternatif untuk pondasi, harga lebih murah tapi kekuatan masih lumayan. Namun harus diperhatikan struktur tanahnya.

Sloof Struktur Bawah Bangunan.

Sloof, adalah kerangka bangunan yang diletakkan memanjang diatas pondasi atau posisi horizontal diatas pondasi jalur. Fungsinya adalah untuk menahan beban dinding, berbeda dengan pondasi yang fungsi utamanya adalah untuk kekuatan tapak rumah terhadap tanah. Meskipun demikian sloof dan pondasi sebenarnya saling memperkokoh baik terhadap posisi rumah terhadap tanah maupun untuk menahan beban dinding. Pondasi tanpa sloof atau sloof tanpa pondasi adalah kesalahan yang bisa berakibat fatal terhadap kekuatan rumah.
Gambar Sloof  Banguna Rumah



Rangka Baja Sebagai Kerangka Utama Bangunan Rumah

Rangka baja juga material bangunan yang sangat penting dalam struktur bangunan, fungsinya untuk memperlokoh struktur pondasi, struksi tiang,struktur sloof, ring balok dan struktur plat beton.
Baja memiliki sifat lentur dan beton memiliki sifat keras, sehingga jika baja dan beton  disatukan akan memiliki sifat tahan goncangan dan juga tahan benturan keras. Mari kita pahami satu persatu ketiga bagian tersebut.
Berikut contoh penggunaan rangka baja untuk pondasi dan Sloof.




Demikian cara membangun rumah sendiri agar biayanya murah ini bagian 1, untuk selanjutnya silahkan baca juga artikel Tips Membangun Rumah Sendiri bagian 2 yang akan membahas struktur bagian tengah bangunan.
Semoga bermanfaat dan jadi inspirasi bagi kita semua.